-->

KAJIAN SEMANTIK ISTILAH BIDANG PERTUKANGAN DI KAB KENDAL DAN BANYUMAS (2017)

Terdapat beberapa istilah bidang pertukangan yang ada dan digunakan di wilayah Kabupaten Kendal dan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Semua istilah di bidang pertukangan tersebut meliputi jenis alat pertukangan kayu dan pertukangan batu. Terdapat sekitar 136 istilah bidang pertukangan yang ada dan dibandingkan. 
     Sebanyak 136 istilah yang dikumpulkan dalam buku ini adalah istilah-istilah bidang pertukangan, baik pertukangan kayu maupun pertukangan batu atau bangunan yang manual dan yang memakai tenaga listrik. Perincian istilah dibedakan pada alat kerja, cara kerja, dan hasil kerja. Terdapat 57 istilah yang digunakan dalam bidang pertukangan kayu atau mebel pada tataran alat kerja di kedua wilayah tutur yang berbeda. Terdapat 37 istilah yang digunakan dalam bidang pertukangan batu atau bangunan pada tataran alat kerja di kedua wilayah tutur yang berbeda.
     Terdapat 22 istilah yang digunakan dalam bidang pertukangan kayu atau mebel pada tataran cara kerja di kedua wilayah tutur yang berbeda. Terdapat 15 istilah yang digunakan dalam bidang pertukangan batu atau bangunan pada tataran cara kerja di kedua  wilayah tutur yang berbeda. Terdapat 3 istilah yang digunakan dalam bidang pertukangan kayu atau mebel pada tataran hasil kerja di kedua wilayah tutur yang berbeda. Terdapat 2istilah yang digunakan dalam bidang pertukangan batu atau bangunan pada tataran hasil kerja di kedua wilayah tutur yang berbeda. 
     Hasil pembandingan antara istilah bidang pertukangan yang ada di wilayah Kabupaten Kendal dan wilayah Kabupaten Banyumas menunjukkan tidak banyak perbedaan penggunaan istilah. Persamaan jelas terlihat pada penggunaan istilah untuk alat modern. Untuk alat kerja tradisional, ada beberapa istilah yang berbeda. Sementara, ada beberapa istilah yang berbeda dalam pengucapannya saja. 
     Mengingat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi memungkinkan istilah asli pada alat-alat tradisional di kedua wilayah menjadi hilang dan punah. Generasi muda saat ini pada akhirnya tidak lagi mengenal alat-alat pertukangan tradisional karena sudah digantikan oleh alat-alat pertukangan modern. Alat-alat pertukangan modern ini  tentu menggunakan istilah asing, tetapi pada umumnya sudah mengalami penyesuaian pelafalan di kedua wilayah.
     Untuk selanjutnya silakan DOWNLOAD.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

TULISAN TERPOPULER

CARI JUGA DI LABEL BAWAH INI

Antologi Cerpen (59) Antologi Esai (53) Penelitian/Kajian Sastra (43) Antologi Puisi (40) Cerita Anak (25) Penelitian/Kajian Bahasa (25) Sastra Jawa Modern (20) Sastra Indonesia-Jogja (14) Antologi Drama (13) Budi Darma (13) Ulasan Buku (13) Kritik Sastra (12) Proses Kreatif (12) Esai/Kritik Sastra (11) Pembelajaran Sastra (11) Kamus (10) Pedoman (10) Prosiding Seminar Ilmiah (9) Antologi Features (8) Cerita Rakyat (8) Mohammad Diponegoro (8) Jurnal (7) Membaca Sastra (7) Religiusitas Sastra (7) UU Bahasa (7) Antologi Artikel (5) Bahan Ajar (5) Kongres Bahasa (5) Nilai-Nilai Budaya (5) Artikel Jurnal Internasional (4) Bahasa/Sastra Daerah (4) R. Intojo (4) Seri Penyuluhan Bahasa (4) Sistem Kepengarangan (4) Telaah Dialogis Bakhtin (4) Ahmad Tohari (3) Antologi Biografi (3) Antologi Dongeng (3) Danarto (3) Ensiklopedia (3) Gus Tf Sakai (3) Konsep Nrimo dan Pasrah (3) Korrie Layun Rampan (3) Pascakolonial (3) Penghargaan Sastra (3) AA Navis (2) Antologi Macapat (2) Dinamika Sastra (2) Festival Kesenian (FKY) (2) Film/Televisi Indonesia (2) Glosarium (2) Kuntowijoyo (2) Majalah Remaja (2) Novel Polifonik (2) Pemasyarakatan Sastra (2) Sastra Jawa Pra-Merdeka (2) Seno Gumira Adjidarma (2) Telaah Intertekstual (2) Umar Kayam (2) Abstrak Penelitian (1) Artikel Jurnal (1) BIPA (1) Bahan Ajar BIPA (1) Budaya Literasi (1) Cermin Sastra (1) Ejaan Bahasa Jawa (1) Etika Jawa (1) FBMM (1) Gerson Poyk (1) Herry Lamongan (1) Iblis (1) Iwan Simatupang (1) Jajak MD (1) Jaring Komunikasi Sastra (1) Kaidah Estetika Sastra (1) Karier Tirto Suwondo (1) Karya Tonggak (1) Kebijakan (1) Motinggo Busye (1) Muhammad Ali (1) Muryalelana (1) Novel (1) Olenka; Budi Darma; Bakhtin (1) Posisi Teks Sastra (1) Puisi Tegalan (1) Putu Wijaya (1) Salah Asuhan (1) Sastra Balai Pustaka (1) Sastra Non-Balai Pustaka (1) Sastra dan Ekonomi Kreatif (1) Sastra dan Imajinasi (1) Sastra dan ORBA (1) Sastra dlm Gadjah Mada (1) Sejarah Sastra (1) Studi Ilmiah Sastra (1) Studi Sastra (1) Syamsuddin As-Sumatrani (1) Teater Modern (1) Telaah Model AJ Greimas (1) Telaah Model Levi-Strauss (1) Telaah Model Roland Barthes (1) Telaah Model Todorov (1) Telaah Model V Propp (1) Telaah Pragmatik (1) Telaah Sosiologis (1) Telaah Stilistika (1) Teori Sastra (1) Teori Takmilah (1) Turiyo Ragil Putra (1)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel