Membaca Sastra

Membaca Sastra
Literasi: Membaca Sastra Memahami Kehidupan, Membaca Sastra Memahami Kehidupan, Bacalah Sastra
Cerpen Ulat dalam Sepatu Gus Tf:  Menggugat Perilaku Kuasa

Cerpen Ulat dalam Sepatu Gus Tf: Menggugat Perilaku Kuasa

Membaca cerpen-cerpen Gus tidaklah jauh berbeda dengan membaca cerpen-cerpen lain karya pengarang (cerpenis) generasi 90-an. Di tengah suatu era atau zaman ketika hak asasi dan kebebasan manusia (rakyat) dengan sangat mudah diinjak dan disingkirkan (oleh kekuasaan), di dalam dada generasi pengarang ini, termasuk Gus, seolah ada gemuruh yang tertahan. Maksud hati hendak berteriak lantang menggugat perilaku yang cenderung tidak memberi ruang bagi kesejahteraan (kemerdekaan) rakyat, tetapi apa daya karena kuasa (secara sistemik) telah merampas segalanya.
Read More
Novel Upacara Korrie Layun Rampan: Nikmat, Indah, dan Mencerdaskan

Novel Upacara Korrie Layun Rampan: Nikmat, Indah, dan Mencerdaskan

Kita harus percaya, sastra tidak hanya sekadar rentetan kata-kata kosong belaka, tetapi lebih dari itu, sastra mampu memberikan kenikmatan (batin), membangun keindahan (hidup), juga menambah kecerdasan (otak). Di tangan orang biasa, kata-kata (bahasa) boleh jadi hanya sekadar piranti komunikasi biasa, tapi tak demikian di tangan pengarang. Oleh pengarang, kata-kata (bahasa) telah dipilih, dikemas, dan diberi kekuatan yang luar biasa sehingga kata-kata (di dalam sastra) itu mencerminkan sesuatu yang memiliki empat sifat (angin, air, api, dan tanah) yang tak seorang pun pernah lepas darinya.
Read More
Cerpen "Kadis" Moh Diponegoro: Keseimbangan Dunia-Akhirat

Cerpen "Kadis" Moh Diponegoro: Keseimbangan Dunia-Akhirat

           Jika kita mau membuka dan membaca Kitab Suci Alquran, kita pasti akan menjumpai sebuah ayat yang berbunyi: “orang-orang yang beriman dan beramal saleh akan senantiasa mendapatkan pahala yang terus-menerus (falahun ajrun ghairu mamnun)’. Ayat ini boleh jadi, dapat kita tafsirkan sebagai janji Tuhan (Allah) kepada umat manusia. Agar kita senantiasa berada dalam lindungan dan selalu dilimpahi rahmat-Nya, kita harus menegakkan amar ma’ruf nahi munkar, mengerjakan apa yang dianjurkan untuk dikerjakan. Itulah sebabnya,sebagai makhluk Tuhan, kita diwajibkan untuk melaksanakan apa yang telah tertuang dalam Rukun Iman dan Rukun Islam.
Read More
Membaca Sastra, Membaca Kehidupan

Membaca Sastra, Membaca Kehidupan

Kata para cerdik-pandai, pada hakikatnya, sastra --yang lebih berurusan dengan masalah keindahan (dan kebaikan atau kebenaran)-- merupakan “pertunjukan dalam kata-kata”. Dengan pertunjukan ini, sastra memiliki kekuatan menghibur. Dengan adanya kata-kata yang menjadi komponen pentingnya, sastra juga memiliki potensi mengajar. Pengajaran tidak mungkin berlangsung tanpa kata-kata meskipun pendidikan lebih efektif disampaikan melalui tindakan. Selain itu, sastra pada hakikatnya juga merupakan “dunia dalam kata-kata”. Cerita yang bagus, pengalaman yang menggetarkan nurani, rintihan jiwa yang menimbulkan rasa belas, semuanya terungkap dalam kata-kata (bahasa). Kekuatan bahasa-lah yang menjadikan sastra sebagai “dunia dalam kata”.
Read More
Hari Puisi Indonesia dan Potret Produksi Buku Sastra (di) Yogyakarta

Hari Puisi Indonesia dan Potret Produksi Buku Sastra (di) Yogyakarta

Selamat sore, salam sejahtera, dan salam sastra,
Karena ini masih dalam bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, secara pribadi saya mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi hadirin yang benar-benar sedang menjalankannya. Mudah-mudahan ibadahnya diterima oleh Allah Swt dan kelak senantiasa mendapatkan limpahan berkah yang berlipat ganda dari-Nya. Amiiinn.
             Beberapa waktu lalu, ketika sahabat saya, penyair Suharmono Arimba, bersama sastrawan Mahwi Air Tawar, datang ke kantor dan mengungkapkan keinginannya mengundang saya untuk memberikan ORASI BUDAYA pada acara ini, terus terang saya terkejut. Sebab, saya bukanlah sastrawan, seniman, apalagi budayawan. Saya hanyalah seseorang yang kebetulan bekerja di sebuah instansi yang bergerak di bidang bahasa dan sastra, Balai Bahasa Provinsi DIY.
Read More